Berhenti sejenak

Cabang olahraga tertua yang dipertandingkan di Olimpiade adalah atletik, khususnya lari. Lomba lari sendiri merupakan yang paling populer diantara cabang olahraga atletik lainnya, atlet lari tingkat dunia bahkan ibarat selebriti olahraga, lihat saja bagaimana populernya Usain Bolt sang juara dunia pemegang rekor dunia olimpiade.

Kehidupan manusia juga mirip dengan olahraga lari, setiap manusia berlari di jalur pilihannya menuju cita-cita yang ingin diraih. Masing-masing berlari dengan jaraknya masing-masing, ada yang memilih jarak pendek 100 m atau 200 m, ada juga yang memilih jarak 1000 m atau bahkan marathon.

Seperti atlit lari yang memerlukan latihan untuk menguasai teknik sesuai lomba yang diikuti dan menajamkan catatan waktunya begitu juga manusia. Kita juga memerlukan latihan untuk mencapai cita-cita, mesti terus berlatih memperbaiki kemampuan diri sehingga mampu menjadi lebih baik dalam kerja dan karya. Semangat menjadi lebih baik bukan untuk tujuan mencari sanjungan tapi memberikan hasil terbaik.

Berlari terus menerus untuk menjadi yang pertama atau yang tercepat memang baik, namun terkadang kita mesti mengambil waktu berhenti sejenak, kalaupun kita tidak ingin maka terkadang kehidupan akan menghentikan lari kita dengan paksa, yaitu melalui kegagalan. Kegagalan akan menjadikan kita mampu berlari lebih baik jika kita menyikapinya sebagai pengingat dan koreksi atas kesalahan yang kita lakukan.

Terkadang dalam hidup kita perlu berhenti sejenak, melihat dan berpikir mengenai yang sudah kita lewati dan jalani, melakukan koreksi atas kesalahan yang diperbuat. Melangkah mundur bahkan tidak selalu buruk, terkadang itu diperlukan untuk mempersiapkan diri berlari lebih kencang lagi.

Karenanya jangan pernah menyesali kegagalan, berprasangka baiklah karena bisa jadi itu cara Tuhan untuk menjadikan kita lebih baik, melesat lebih cepat dan memberi manfaat lebih banyak melalui kerja dan karya kita.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s