Artis Jadi Tukang Kue

Artis di Indonesia diketahui banyak yang aji mumpung, mumpung terkenal merambah ke bidang lain, awalnya sebagai pemain sinetron lalu jadi penyanyi, bintang iklan, pembawa acara, pembawa bendera upacara, ehhh yang ini bukan.

Fenomena terbaru saat ini artis bikin toko cake atau kue, entah sudah berapa banyak artis yang bikin toko kue, infonya akan ada 1 toko kue baru lagi milik artis yang akan buka di Bandung. Hampir tiap bulan mungkin ada artis yang buka toko kue, entah di kota ini atau kota lain, dan fenomena ini rasanya masih akan berlanjut hingga tahun depan.

Ada 2 kata kunci di sini, yaitu kue dan artis. Apa hubungan keduanya? Pastinya artis tentu saja memiliki penggemar atau fans dan seperti halnya orang terkenal mereka punya daya tarik mendatangkan orang. Jadi tidak usah heran kalau toko kue artis laris diserbu pembeli, apalagi kalau tahu si artis hari itu bakalan ada di situ.

Kenapa artis-artis itu bukanya toko kue, bukan toko bahan bangunan? Masa iya artisnya ngelayani dan manggul semen pembeli hahaha. 

Bisnis kuliner dalam hal ini kue, umumnya bisa mendatangkan keuntungan menggiurkan, terutama apabila kreatornya mampu memodifikasi sedemikian rupa dan memberi nilai tambah dalam hal emosional, maka harga jual bisa dikerek tinggi, inilah salah satu hubungannya dengan artis.

Fans rela mengantri berjam-jam karena dalam pikirannya dengan membeli kue tersebut maka ia akan merasa “dekat” dengan idolanya. Namun jangan salah, bukan fans pun perilaku tersebut bisa menular, motifnya yaitu narsis atau pengakuan. Saat orang lain tahu dia membeli kue artis maka sederet kata kekaguman akan meluncur kepadanya sehingga membangkitkan hormon endorphine yang menimbulkan perasaan bahagia. 

Tidak ada yang salah dengan aji mumpung selama tidak melanggar hukum, maka sah saja artis buka toko kue. Tapi mungkin Anda pernah heran juga dengan fenomena ini, atau sudah pernah makan beberapa merek kue artis berbeda mungkin akan berkomentar mirip. Kalau saya bilang jika dirunut maka muaranya adalah 1 sumber bagaimana?

Fenomena kue artis ini dimulai dari Malang dengan artisnya Teuku Wisnu, anggap saja kebetulan saya kenal dengan salah satu pemiliknya yang lain. Karenanya saya jadi tahu bagaimana kemudian bermunculannya kue-kue artis yang rasanya mirip-mirip itu. Sebenarnya saya juga kenal dengan Teuku Wisnu tapi dia yang nggak kenal saya.

Kita lihat saja seberapa lama fenomena meluas dan bertahan berapa lama toko-toko kue artis tersebut. Fenomena ini menarik dan membuka peluang ikut terjun didalamnya terutama untuk yang memiliki modal, misalnya gandeng artis A bikin toko kue di kota K, bikin program marketing yang viral maka pembeli akan ngantri.

Saya saja jadi ingin ikutan memanfaatkan fenomena ini, ada usul siapa artis yang digandeng bikin toko kue?

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s