Ini Hasil Usaha

Penduduk bumi mencapai angka satu koma sekian miliar, terdiri dari berbagai agama, ras, suku dan bangsa. Jika dikelompokkan berdasar fisiologi warna kulit, bentuk rambut, warna bola mata dan kriteria lain maka setiap individu itu berbeda.

Seperti halnya sidik jari manusia yang unik dan bahkan yang terlahir kembar sekalipun memiliki sidik jari yang berbeda. Apabila secara fisik tidak ada yang benar-benar sama, apalagi dalam hal perilaku dan sifat yang tidak berwujud dan hanya bisa dirasakan.

Pertambahan usia yang mempengaruhi perilaku dan sifat seseorang, interaksi dengan lingkungan dan orang lain akan memberi warna. Tidak jarang menjadikan seseorang secara sadar atau tidak sadar menjadi memiliki perilaku atau sifat seperti orang lain, melakukan copy paste karena bisa jadi mengagumi orang tersebut.

Hal tersebut bisa terjadi apabila terjadi interaksi yang intens dalam jangka waktu lama, interaksinya bisa melalui pergaulan maupun melihat dan mendengar melalui tontonan televisi. Biasanya yang paling mudah kita lihat adalah cara berbicara.

Contohnya apabila ada seorang anak Suku Jawa tetapi lahir di Bali atau saat usia pra sekolah pindah bersama orang tuanya ke Bali, maka kemungkinan cara berbicaranya akan mengikuti logat Bali, terutama apabila teman bermainnya mayoritas anak Bali asli.

Akan tetapi hal tersebut bisa juga terjadi saat usia remaja dan dewasa, melalui interaksi yang sama yaitu pergaulan dan tontonan. Pada usia ini tidak hanya pada cara berbicara yang bisa terbawa berubah, perilaku juga dapat berubah, terutama apabila dia punya seseorang yang dikagumi. Saat memiliki seseorang yang dikagumi biasanya secara tidak sadar ingin menyamakan diri dengan orang tersebut.

Memiliki suatu hal yang sama dengan yang kita kagumi akan menimbulkan rasa senang, dan terkadang rela melakukan apapun untuk mewujudkannya, mengorbankan hal lain. Seseorang yang dikagumi di sini bukan hanya sosok orang terkenal, tapi bisa jadi teman akrab yang sosoknya kita anggap baik.

Seperti apabila memiliki teman yang sangat mudah akrab terhadap siapa saja yang baru ditemui, baru kenal sudah sok kenal sok dekat. Melakukan sesuatu tanpa basa-basi, spontan dan tanpa rasa sungkan. Bertindak dahulu, mikirnya belakangan, seperti tulisan kali ini yang diawali dari bingung mau nulis tema apa.

Akhirnya terbersit ide kecil langsung mulai nulis, agak kurang mengalir tapi tetap saja diteruskan. Namanya juga usaha, berharapnya idenya bisa mulus dikembangkan sambil nulis, tapi rasanya kok tidak.

Namanya juga usaha.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s