Pukul Kepala Saya

Satu syarat wajib sebelum membangun rumah ialah mengurus IMB (Izin Mendirikan Bangunan), biaya pengurusan IMB bergantung luasan bangunan dan zona lokasinya. Jika kita membangun tanpa memiliki IMB maka bisa dianggap bangunan liar, siap-siap jika ketahuan akan dibongkar Satpol PP.

Tentu saja tidak semua orang yang mendirikan bangunan memiliki IMB, dalihnya bisa berbeda-beda. Aturan wajib IMB ini berlaku di seluruh Indonesia, bahkan bangunan pemerintahan sekalipun mesti memiliki IMB. Anda tahu seseorang yang membangun tanpa IMB?

Mayoritas kota di Indonesia kesemrawutannya disumbang oleh berdirinya bangunan-bangunan ilegal dan tidak sesuai peruntukan dan tata ruangnya, bangunan ilegal tentu saja tidak memiliki IMB. Peran penertiban tentu saja tugas Satpol PP, maka sering kita membaca atau melihat di media massa kegiatan penertiban bangunan liar yang mereka lakukan, terkadang diwarnai kericuhan karena perlawanan pemilik bangunan.

Pemerintah tentu saja berharap dan telah banyak melakukan sosialisasi dan himbauan supaya warga mengurus IMB terlebih dahulu sebelum melakukan kegiatan membangun, bahkan berbagai langkah mempermudah dan mempersingkat perizinan dilakukan demi kenyamanan.

Lalu apa yang Anda rasakan saat ada pejabat yang ngotot meresmikan dan melakukan peletakan batu pertama sebuah bangunan yang belum ada IMB-nya? Apa yang membuat Anda merasakan perasaan tersebut? 

Aturan dibuat supaya teratur dan tertib, kita sebagai masyarakat di doktrin untuk patuh. Lalu apa jadinya jika pejabat yang semestinya menjadi contoh dan yang mengerti aturan justru melanggar dengan dalih yang mengada-ada? Menjadi hal yang lumrah bila kemudian masyarakat berprasangka “Ini pasti ada apa-apanya”.

Karenanya jangan heran apabila banyak kesemrawutan di negeri ini yang sangat sulit untuk ditertibkan, karena para aparat dan pejabatnya sendiri yang menjadi contoh dari melanggar aturan, dari merekalah teladan kebandelan terbiasa melanggar aturan yang dilakukan masyarakat umum.

Maka Anda tak akan pernah lihat saya membungkuk hormat pada mereka, pukul kepala saya dengan benda terkeras yang Anda temukan jika melihat saya melakukan itu.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s