Hollywood vs Lokal

Sudah beberapa bulan tidak nonton film di bioskop, bukannya tidak ada yang menarik tapi lagi malas ke mall. Untuk update biasanya buka website salah satu jaringan bioskop yang ada di Samarinda, sekedar lihat film apa yang sedang tayang.

Tampaknya tahun ini lebih banyak film produksi anak bangsa yang tayang dibanding tahun lalu, meskipun memang jumlah bioskop dan layar studio yang disediakan tidak sebanyak film dari Hollywood. Pihak jaringan bioskop tentunya melihat potensi besar jumlah penonton film-film lokal tersebut sehingga akhirnya menayangkan di bioskop-bioskop mereka.

Beberapa judul film lokal bahkan berhasil memperoleh jumlah penonton lebih banyak dari film asing yang tayang bersamaan, ini membuktikan sineas-sineas tanah air semakin mampu membuat film-film yang menarik. Bahkan tadi pagi saya lihat ada 7 film dalam negeri yang tayang bersamaan di Samarinda.

Harapannya film-film lokal semakin banyak, bermutu, variatif dan bahkan muncul film-film produksi sineas daerah, tidak melulu yang dibuat sineas ibukota. Karena saya percaya industri film bisa dijadikan salah satu tolak ukur kreatifitas sebuah negara, tentunya film yang bermutu.

Karenanya saya berharap ada pihak-pihak yang membuat roadshow workshop perfilman secara lebih terarah, mulai dari bagaimana menggali ide, menulis skenario, pengenalan dan pengetahuan akan teknik pembuatan film, manajemen pembuatan film, hingga pada aspek marketingnya.

Industri film tanah air menjadi sebesar Hollywood atau Bollywood mungkin adalah impian yang masih jauh sekali, bagi saya akan sangat menarik bila bermunculan film-film bermutu produksi sineas daerah yang mengusung budaya dan kearifan daerahnya masing-masing.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s