Ke coffee shop pesan es teh

Beberapa tahun terakhir coffee shop banyak bermunculan seiring semakin banyaknya penikmat kopi di kalangan usia yang lebih muda. Ngopi bukan lagi diidentikkan dengan orang-orang tua yang menyeruput kopi di warkop (warung kopi) pinggir jalan sambil menghisap rokok.

Minum kopi zaman sekarang diidentikkan dengan gaya hidup. Tempat nyaman dengan penyejuk udara dan wifi tersedia, dengan interior modern dan pelayan berpakaian modis, itulah tempat ngopi yang dicari generasi muda zaman sekarang.

Kopi yang disajikan di warkop biasanya menggunakan kopi jenis robusta yang harganya lebih murah dan diproses menggunakan alat-alat sederhana. Mulai dari proses roasting (penggorengan) biji kopi yang menggunakan wajan biasa, hingga proses menyeduhnya yang hanya 1 macam yaitu kopi tubruk.

Berbeda dengan coffee shop yang biasanya menyediakan lebih dari 1 jenis kopi dengan banyak varian asal biji kopi yang berbeda-beda. Harga biji kopi yang digunakan bisanya lebih mahal karena diperoleh dari proses yang lebih modern menggunakan mesin, seperti proses roasting yang telah menggunakan alat khusus. 

Proses seduh kopi di coffee shop juga menggunakan metode yang lebih beragam, baik itu yang berupa alat seduh manual sampai yang menggunakan mesin seharga mobil baru. Proses menyeduh kopi di coffee shop juga lebih lama karena dimulai dari menimbang biji kopi, menggiling, merebus air hingga suhu tertentu, dan kemudian menuang air panas dengan teknik dan waktu tertentu.

Sebenarnya kalau mau jujur lebih tepat disebut gaya hidup nongkrong, karena mayoritas ke coffee shop untuk eksistensi diri. Sampai di coffee shop pesan kopi yang diminum dengan diberi gula, padahal minum kopi yang benar tidak menggunakan gula, ada juga yang ke coffee shop tapi yang dipesan es coklat, jus alpukat atau malah es teh.

Gambar diambil dari instagram
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s