Otot vs aplikasi

Angkot hari ini demo, menuntut ojol (ojek online) dan sejenisnya ditutup karena menurut mereka mengakibatkan pendapatan sopir angkot menurun. Selain orasi mereka melakukan sweeping ojol, menggunakan otot terhadap pengemudi ojol.

Besoknya gantian pengemudi ojol yang melakukan demo, mereka menuntut pihak kepolisian menindak aksi kekerasan oknum sopir angkot terhadap beberapa kawan mereka. Mereka menolak ditutup karena dengan ojol mereka bisa menghidupi keluarga dan ojol telah jadi solusi mereka pasca PHK.

Lusa gantian para konsumen ojol yang demo, menolak ojol ditutup karena mereka merasa banyak terbantu oleh keberadaan ojol. Keberadaan ojol membuat mereka tidak lagi perlu mencari dan menunggu angkutan di pinggir jalan, cukup dari rumah atau kantor. Mereka bisa minta pesan makanan melalui aplikasi ojol saat lapar tapi malas keluar, sesuatu yang tidak bisa dilayani oleh angkot. 

Ada daerah yang dengan tegas melarang ojol beroperasi, beberapa daerah lainnya ada yang tidak jelas antara melarang atau tidak, beralasan menunggu aturan dari pusat. Tapi ada juga daerah yang justru merangkul keberadaan ojol untuk mendukung program mereka. 

Angkot dan ojol mempunyai jumlah massa yang besar, jika persoalan ini dibiarkan berlarut tanpa penyelesaian yang adil bagi pihak angkot, ojol dan juga konsumen maka potensi konflik akan semakin besar. Bukannya menakut-nakuti tapi kejadian saling serang sudah beberapa kali terjadi hingga jatuh korban di kedua belah pihak.

Semoga akan ada solusi yang baik untuk semua pihak, baik angkot maupun ojol sama-sama mencari nafkah maka pemerintah perlu membina dan membuat regulasi yang imbang. Masyarakat berhak mendapat layanan angkutan yang aman, nyaman, dengan tarif pasti dan memudahkan keperluan mereka.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s