Dorong mobil mahal

Tahun 2018 ajang pilkada gubernur serentak di beberapa provinsi, KPU di wilayah pun sudah mulai disibukkan dengan mulainya tahapan pilkada. Para pihak berkepentingan bahkan sudah melakukan manuver sejak awal tahun ini, bahkan ada yang sudah bergerak dari tahun lalu.

Para calon yang hendak maju pilkada mulai sering muncul di media massa, (timses) tim sukses pum sudah dibentuk, lobby-lobby kepada partai politik mulai dibangun, komunikasi dengan calon yang berpotensi menjadi pasangan aktif dilakukan. Nyiapin dana kampanye sih juga pastinya.

Rata-rata yang maju pilkada gubernur adalah walikota atau bupati, menggandeng tokoh partai atau tokoh masyarakat atau juga birokrat. Meski pilkada bukan pelajaran sekolah, percayalah ada hitungan matematika terlibat. Saat akhirnya si A berpasangan dengan si G sebagai wakilnya itu semua sudah melalui hitung-hitungan, berapa jumlah suara yang bisa diperoleh dari si G, berapa si G bisa ikut sumbang dana kampanye, bagaimana dukungan partainya si G dan masih ada hitungan lainnya.

Rupiah yang diperlukan untuk pilkada bahkan kisarannya bisa mencapai 13 digit bagi calon dengan modal dan ambisi besar. Lembaran daun rambutan eh duit segitu banyak dipakai buat mahar ke partai politik untuk dukungan mereka, safari politik ke berbagai wilayah jelang pendaftaran, bayar media massa untuk pemberitaan, alat kampanye, para saksi, posko-posko, nasi bungkus dan apa lagi mungkin bisa nambahin sendiri.

Darimana duit segitu banyak? Duit sendiri sih pastinya itu yang pertama, kedua duit dari sponsor atau donatur yaang biasanya pengusaha yang berkepentingan. Berkepentingan mendapat izin tambang, sawit, kebagian proyek bangun ini itu, urusannya bisa dilancarkan nantinya. Gak ada makan siang yang gratis lah bagi kedua pihak ini, semua ada harganya.

Rakyat kecil? Perumpamaannya seperti orang dorong mobil, setelah mobilnya nyala yang dorong ditinggal. 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s