Racunnya pas

Dua hari yang lalu di sebuah grup WhatsApp (WA) yang saya ikuti ada postingan dari Mas Rezky mengenai 30DWC (Days Writing Challenge), Tantangan menulis selama 30 hari. Menarik.

Menurut Mas Rezky dan yang saya setuju dengannya, kita semua adalah penulis, entah itu penulis diari, laporan, caption di sosial media atau penulis catatan belanjaan mungkin bagi ibu rumah tangga. 

Sebagian orang terutama yang punya hobby membaca saya rasa pernah terbersit untuk menulis atau bikin buku suatu saat, bener gak? Pernah merasa ingin menulis versi cerita menurut dirinya, merasa pemikiran dan analisanya bakalan bagus kalau dijadikan buku.

Seberapa banyak kemudian yang terwujud jadi buku? Seberapa banyak kemudian yang rutin menulis di media online seperti website pribadi atau blog gratisan? Seperti mungkin kita tahu, yang susah adalah ketika memulai menulis. Bingung memulai dari mana, mau nulis tentang apa, sudut pandangnya dari mana.

Orang bijak bilang “Bisa karena biasa” maka perlu dibiasakan supaya menjadi kebiasaan. Kalau sudah jadi kebiasaan maka katanya orang-orang seolah mengalir begitu saja apa yang ingin disampaikan dalam pikiran, keren juga sih kalau sudah seperti itu.

Saya seperti di paragraf 3 juga seperti itu, oleh karenanya saya dulu buat blog ini yang mudahan bisa bertahan seterusnya. Tantangan saya adalah konsistensi dalam mengisi blog ini dengan tulisan, selain juga masih perlu dorongan kuat memaksakan diri memulai kata atau pragraf pertama. 

Karenanya saat liat postingan 30DWC ini saya jadi ingin naik level, dengan menantang diri sendiri, menulis 30 hari berturut-turut tanpa henti. Mudahan juga bisa dapat masukan tentang tulisan saya dari yang sudah lebih berpengalaman, sehingga menjadi lebih baik.

Buku? 

Nothing is impossible.

Leave a Reply

