Kuliner di roda ojol

Kehadiran layanan Go-Food telah mengubah bisnis model banyak pengusaha kuliner, dari yang sebelumnya hanya melayani makan di tempat dan bungkus biasa kini menyediakan bisa dipesan melalui Go-Food.

Bahkan banyak yang kemudian pelanggannya lebih banyak dari pemesan melalui Go-Food dibandingkan makan di tempat. Pada banyak usaha kuliner bahkan omsetnya meningkat sejak menerima layanan melalui Go-Food.

Walaupun sebelum adanya Go-Food telah ada pemain-pemain kurir lokal yang dapat diminta membelikan makanan atau minuman bahkan usaha kuliner yang memiliki jasa antaran sendiri, namun tidaklah semasif, seluas dan secepat pertumbuhan layanan Go-Food.

Bahkan kini bermunculan usaha-usaha kuliner baru yang mengkhususkan diri hanya bisa dipesan melalui Go-Food atau sejenisnya. Mereka bahkan menjalankan usaha kulinernya dari dapur rumahnya yang berlokasi di dalam perumahan bahkan di gang sempit. Tidak ada meja kursi buat pelanggan, pelayan dan kasir.

Keunggulan mereka dibanding yang memiliki tempat di pinggir jalan yang pertama tentunya biaya investasi atau sewa tempat bisa ditekan, mereka bisa jalankan usaha kuliner dari dapur rumah sendiri atau kalaupun menyewa tentunya sewa di dalam gang atau di dalam perumahan lebih murah dibanding biaya sewa di pinggir jalan.

Menjadi masuk akal bagi yang ingin masuk ke bisnis kuliner membuat bisnis modelnya seperti itu, menjadikan driver ojek online sebagai key partner. Banyak area yang dapat dikurangi bahkan dihilangkan sehingga menjadi lebih efisien dan minim modal, bahkan apabila karena itu kompensasinya biaya marketing menjadi mesti lebih diperbesar.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s