Payung loreng

Data dari Global Firepower Index menempatkan militer Indonesia pada urutan ke-14 di dunia dan nomor satu di ASEAN. Modernisasi alutsista terus dilakukan, mulai dari matra laut, darat dan udara, untuk mencapai paling tidak memenuhi minimul essensial force (kekuatan pokok minimum) yang ada di renstra TNI 204-2019.

Kekuatan militer Indonesia saat ini memang belumlah ideal dibanding luas kedaulatan NKRI yang mesti dijaga dan letak geografis negara ini yang begitu terbuka. Anggaran pertahanan yang tergolong minim karena kemampuan negara memang jadi kendala untuk modernisasi alutsista, karenanya TNI membuat renstra 2014-2019 yang didalamya terdapat minimum essential force.

Memiliki militer itu ibarat memiliki asuransi, terlebih jika punya militer kuat maka asuransinya makin besar. Ibarat sedia payung sebelum hujan, saat tidak hujan memang seolah payung tersebut mubazir, tapi jika kita mempunyai payung maka sewaktu-waktu terjadi hujan kita sudah siap menggunakannya.

Jika memiliki militer yang kuat maka negara lain akan membuat banyak pertimbangan yang panjang untuk konfrontasi, karena militer yang kuat dengan alutsista canggih, modern, prajurit tangguh dan terlatih adalah daya gentar yang masih akan ampuh sampai kapanpun. Bahkan di era yang katanya di masa depan perang siber akan lebih mematikan sekalipun buktinya negara yang kuat dari segi siber juga adalah negara yang memiliki alutsista canggih dan modern serta banyak jumlahnya (pesawat, tank, kapal perang, kapal selam, dll).

Militer akan semakin kuat juga apabila didukung oleh rakyat, karenanya TNI diharapkan makin profesional, tidak terbawa ke urusan bisnis, politik atau lain-lain di luar tugas dan fungsinya. Karena apabila seorang prajurit sudah terbawa ke urusan-urusan di atas maka dia akan punya keberpihakan yang sangat memungkinan akan adanya kepentingan pribadi yang bisa jadi bertentangan dengan rakyat. Menjadikannya dimusuhi oleh rakyat.

Dirgahayu TNI ke-72 “Bersama rakyat TNI kuat”

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s