Asuransi mengklaim diklaim

Beberapa hari yang lalu ada berita petinggi sebuah perusahaan asuransi internasional yang ada di Indonesia dijadikan tersangka oleh pihak kepolisian karena gugatan yang dibuat nasabahnya. 

Nasabah menggugat karena klaim rawat inapnya ditolak pihak asuransi karena alasan tidak melampirkan rekam medis lengkap, padahal (ternyata) ada permenkes tentang rekam medis yang rekam medis lengkap tidak boleh dikeluarkan atau diberikan, hak pasien hanyalah resume medis, sehingga karenanya pihak (RS) Rumah Sakit tidak memberikannya.

Saat pertama kali membaca berita tersebut, saya jadi ingat Film The Rainmaker yang diperankan Matt Damon, sebagai pengacara menuntut pihak asuransi yang menolak klaim nasabahnya, di film itu digambarkan juga praktik-praktik yang dipakai perusahaan asuransi dalam menolak klaim nasabah.

Saya tidak hendak menuduh praktik-praktik tersebut pada semua perusahaan asuransi atau gimana, tapi apa yang pernah keluarga kami alami saat mengajukan klaim asuransi almarhum ibu yang mirip begitu membuat ingatan saya menautkannya.

Setelah ibu meninggal adik saya mengajukan klaim tetapi ditolak karena dikatakan meninggalnya karena penyakit yang pernah diderita sebelum ikut asuransi. Padahal beberapa bulan sebelumnya sempat rawat inap selama 10 hari dan klaimnya cair, andaikata alasan yang sama dipakai sebagai dasar maka mengapa klaim rawat inap selama 10 hari sebelum itu dicairkan oleh pihak asuransi?

Pihak asuransi menjawab itu karena adanya kesalahan. Dengan berlapisnya tahapan pemeriksaan berkas pengajuan klaim, sebuah perusahan asuransi internasional berusia puluhan tahun beroperasi di Indonesia dan berawal dari tahun 1875 di USA seberapa kemungkinan kesalahan mencairkan klaim?

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s