Angkot ketinggalan aplikasi

Disruptif transportasi berbasis aplikasi menghadapi resistensi dari moda transportasi yang sudah ada dan dijalankan dengan cara biasa kembali muncul di beberapa daerah. 

Angkot, ojek pangkalan dan taksi argo bergabung demo menolak dan aksi mogok, bahkan timbul korban dalam penolakan kali ini. Reaksi balasan juga dilakukan oleh para pengemudi transportasi berbasis aplikasi.

Ada wilayah yang kemudian menerbitkan keputusan melarang transportasi berbasis aplikasi. Kalau merujuk undang-undang transportasi transportasi berbasis aplikasi memang tidak memenuhi syarat yang ada, dan apabila itu yang dijadikan dasar pemerintah daerah secara aturan sudah benar, tapi sejujurnya ojek pangkalan yang sudah ada puluhan tahun juga tidak memenuhi kriteria dan mestinya juga dilarang jika ingin mendasarkan aturan yang sama.

Alasan transportasi berbasis aplikasi membuat pendapatan transportasi konvensional menurun mungkin benar adanya, tapi apakah hanya karena itu faktor penurunan pendapatan mereka?

Jika dibandingkan angkot sebenarnya tarif transportasi berbasis aplikasi lebih mahal, jika kemudian banyak pengguna beralih perlu dicari tahu kenapa? Secara umum pengguna beralih karena transportasi berbasis aplikasi memberikan kemudahan dan banyak nilai lebih lain. 

Contohnya liat perbedaan berpakaian antara sopir angkot dan ojek pangkalan dengan pengemudi transportasi berbasis aplikasi. Apakah angkot dan ojek pangkalan mau membelikan makanan dengan uang mereka terlebih dahulu?

Sudahkan daerah yang melarang transportasi berbasis aplikasi menegakkan aturan dan memperbaiki transpotasi umum yang ada di daerahnya? Apakah melarang karena seolah itu berpihak kepada rakyat?

Penggunalah yang sebenarnya punya hak menentukan siapa yang akan mereka gunakan. 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s