Mau jadi pelanduk di tengah-tengah?

Pesan Go-Car bisa dapat Bluebird lagi rame beberapa hari ini, sebuah kolaborasi dari 2 raksasa pemain transportasi yang bikin antusias banyak orang. Satunya perusahaan operator taksi terbesar di Indonesia dengan armada sekitar 23.000 unit, satunya lagi perusahaan transportasi berbasis online yang keberadaannya berhasil mendisruptive pasar transportasi di Indonesia sejak berdiri tahun 2010.

Tidak tahu pasti bagaimana pembagian pendapatannya, namun rasanya ini akan menjadi win-win bagi kedua pihak. Bluebird akan mendapat jalan menggenjot lagi pendapatannya yang turun sejak era transportasi berbasis online, sedangkan Go-Jek melalui layanan Go-Car juga jadi punya senjata baru untuk bertahan dan memperbesar nilainya di mata pengguna dan rasanya valuasinya di mata investor juga akan membesar. Bagi pengguna tentu saja sangat menarik, bisa pesan lewat aplikasi yang datang dan ngantar ke tujuan Bluebird, prestise  dong.

Jujur sebelumnya gak nemu berita tentang kemungkinan kolaborasi keduanya seperti ini, jadinya ketika ini muncul jadi AHA! Tuh ternyata yang mendisruptive dan yang terdisruptive bisa saling berkolaborasi untuk sama-sama menang…WIN WIN. Kalau dalam Ten Types of Innovation ini masuk dalam kolom Network yaitu Coopetition yaitu bekerjasama dengan pihak yang biasanya merupakan pesaing demi mencapai tujuan bersama dan Collaboration yaitu bekerjasama dengan pihak lain untuk keuntungan bersama.

Gajah berkelahi pelanduk di tengah-tengah aja mati apalagi kalau gajahnya bekerjasama, jadi apa tuh pelanduk? Daripada UKM bikin layanan pesan antar sendiri yang sama dengan milik si gajah kenapa gak manfaatin layanan si gajah aja, apalagi si gajah membuka peluang UKM manfaatin layanan dia. Hadapin 1 gajah aja sudah bikin pontang-panting aplagi kalau gajahnya ngajak kejasama gajah lain. Daripada ngelawan mending ngikut di kereta yang ditarik sama gajah, apalagi sudah dipersilakan.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s