Hollywood rasa Indonesia

Saat scene Christian dan adiknya berlatih beladiri, ayahnya duduk mengawasi sambil membaca koran, yang menarik perhatian nama korannya ada tulisan Jakarta. Beberapa saat kemudian ada dialog Christian mengucapkan “Tidak apa-apa, lanjutkan saja”

Scene Film The Accountant tersebut merupakan kesekian kalinya film hollywood memasukkan “aroma” Indonesia, sebelumnya ada penggunaan Bahasa Indonesia di film Minions dan Fast and Furious, ada yang tahu di film apalagi ada dialog pakai Bahasa Indonesia di Film Hollywood?

Selain penggunaan Bahasa Indonesia, ada juga beberapa Film Hollywood yang menyebutkan hal yang berkaitan dengan Indonesia. Tampaknya Indonesia makin dikenal oleh penulis skenario Hollywood, sehingga selipan-selipan berkaitan dengan Indonesia makin sering dijumpai. Tidak semua dalam scene dengan konotasi positif, tapi selama hanya untuk hiburan gak usah esmosi ya bray. Karena bahkan tampil dalam scene dengan dialog negatif sekalipun akan memunculkan rasa penasaran penonton di luar Indonesia, mencari tahu apa itu, dan akan muncul informasi kekayaan alam dan budaya negara kita.

Industri Film Hollywood adalah media kampanye luar biasa untuk mengenalkan sebuah negara dan menarik minat wisatawan asing untuk datang. Berterima kasihlah untuk film-film yang menggunakan kata atau menyebut sesuatu yang berhubungan dengan Indonesia. Berterima kasihlah untuk film Eat, Pray and Love telah syuting di Bali sehingga makin mengenalkan wisata kita dan membuat banyak wisatawan asing datang karena ingin melihat lokasi yang ada dalam film tersebut.

Mungkin tak usahlah kita melihat Negara China yang menggelontorkan duit ribuan kardus mungkin untuk mendanai Film Hollywood sehingga mempunyai kekuatan tawar untuk memaksa syuting bisa dilakukan di negara mereka. Dulu perizinan syuting di Indonesia adalah yang paling rumit dibanding negara-negara tetangga, sekarang tampaknya pemerintah mulai sadar bahwa hal ini bisa dijadikan media promosi wisata sehingga izin syuting di Indonesia infonya sih lebih mudah.

Keberadaan aktor-aktor Indonesia yang belakangan diajak bermain di film blockbuster sejak kesuksesan Film The Raid juga turut membanggakan dan pastinya membuat budaya seni beladiri pencak silat naik pamornya dan mendapat apresiasi lebih banyak. Semoga industri perfilman kita bisa jadi duta mengenalkan kekayaan alam dan budaya Indonesia di luar negeri semakin besar.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s