Unfollow deh

Saya merasa isi Facebook sejak pilpres yang lalu semakin banyak konten dengan aura negatif; emosi, kebencian, hoax, hasutan, destruktif. Baik berupa postingan, komentar dan membagikan hal sejenis itu. Sebenarnya terjadi juga di sosial media lainnya, tapi saya rasa di facebook lebih intens dan yang lebih bikin sedih ternyata banyak teman di facebook yang melakukannya.

Dulu ketika intensitas hal seperti itu tidak terlalu sering muncul, biasanya saya abaikan, tapi sekarang, klik tanda panah ke bawah di postingan orang tersebut, pilih unfollow. Beberapa saya kenal orangnya secara langsung walaupun sebagian juga cuma teman di facebook. Saya merasa postingan semacam itu hanya akan membawa pengaruh buruk bagi kita sebenarnya, kita tidak bisa mengendalikan faktor di luar kita, yang bisa kita lakukan adalah berhenti terlibat atau berhubungan dengan hal tersebut.

Katanya ada beberapa studi yang bilang bahwa secara terus menerus melihat status dengan aura negatif semacam itu bisa mengganggu kesehatan jiwa, nah lo kalau ngeliat secara terus menerus aja efeknya begitu gimana yang ngeposting terus-terusan. Saya yakin banyak orang yang merasakan hal yang sama dengan saya dan melakukan apa yang saya lakukan, beberapa mungkin bahkan kemudian menutup akun facebooknya. Bukti muaknya orang dengan isi konten facebook saat ini ialah peringkat Alexa rank facebook di Indonesia kini di posisi 12 setelah biasanya di kisaran 5 besar.

Menyedihkannya bagi saya adalah beberapa teman yang mengisi konten facebooknya dengan ekspresi negatif tersebut saya tahu adalah orang-orang yang memiliki visi mulia. Entahlah rupanya keberpihakan mereka pada salah satu pihak yang berpolitik membuat mereka ternyata melakukan hal tersebut. Padahal di politik yang ada adalah kepentingan, orang-orang yang saat ini mereka bela sehingga rela memposting hal-hal negatif pesaing jagoan mereka, bisa jadi besok gandengan tangan, makan-makan, ketawa-ketawa, dan bahkan di satu kubu.

Jika yang melakukannya adalah orang-orang yang memang sengaja dibayar untuk membuat konten negatif menyerang calon lain ya wajar, tapi kalian, kalian dapat apa? Sikap apa yang kalian ambil ketika orang yang kalian bela itu besok di satu kubu? Kalian yakin yang sudah kalian lakukan ada di kepentingan politik mereka kalau sudah begitu?

 

 

 

Leave a Reply

