Berikan pada mereka

Memulai bisnis dengan keterbatasan modal membuat lumrah terjadi banyak hal dikerjakan sendiri, jadi direktur plus customer service, marketing, sales, sampai tukang bersih-bersih, semua dirangkap untuk meminimalkan pengeluaran. Jadi Superman lah pokoknya.

 

Seiring ketika bisnis makin maju dan yang ditangani semakin meningkat skalanya maka tidak bisa lagi menjadi Superman, mesti ada yang dialihkan kepada orang lain. Beberapa orang bilang alihkan pekerjaan yang mudah diduplikasikan atau diajarkan kepada orang lain dulu. Dimulailah era rekrut karyawan, biasanya rekrut ditempatkan jadi customer service. Kalau bisnisnya melibatkan perlu mengirim barang, jika dulu dikirim sendiri sudah perlu mikirin makai jasa kurir.

Mengalihkan pekerjaan yang kurang menyenangkan atau kurang disukai itu mudah, tapi mengalihkan pekerjaan atau aktifitas yang disukai itu terkadang sulit sekali. Namun adakalanya kita perlu mengalihkan kepada orang yang lebih ahli untuk hasil yang lebih baik dan biarkan mereka yang bekerja, meskipun itu adalah sesuatu yang kita suka lakukan sendiri.

Mengalihkan pekerjaannya bisa dengan merekrut karyawan yang lebih baik dalam hal itu dibanding anda atau melakukan outsourcing. Biaya akan bertambah karenanya, tapi kemungkinan anda akan dapatkan hasil yang lebih baik dan cepat, andapun bisa fokus menangani area lain dalam bisnis anda.

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s