Kekurangan Kompetitor adalah Keuntungan

Strategi marketing dalam dunia bisnis tidak melulu mengemukakan keunggulan produk atau bisnis tersebut, kekurangan atau nilai minus yang ada pada kompetitor juga bisa dipakai sebagai bahan marketing.

Biasanya pertama kali yang dipakai untuk kampanye marketing adalah dari sisi produk atau bisnisnya, keunggulan dan manfaatnya. Lebih tahan lama, lebih murah, terbuat dari bahan berkualitas terbaik, lebih cepat, lebih enak, dan lain-lain. Menyampaikan apa yang ada di produk atau bisnisnya ke calon konsumen, dari dalam ke luar.

Namun hal kedua yang bisa dipakai sebagai bahan kampanye adalah kelemahan kompetitor. Prosesnya dengan menggali informasi tentang produk atau bisnis kompetitor dan respon atau reaksi konsumen terhadapnya, dari sisi kekurangan atau nilai minusnya.

Contohnya dalam bidang otomotif, hal penting pasca pembelian adalah mengenai suku cadang dan servis kendaraan. Harga suku cadang dan kemudahan mendapatkannya merupakan salah satu pertimbangan calon konsumen dalam menentukan pembelian. Mahalnya harga suku cadang kompetitor dan sulitnya mendapatkan suku cadangnya dapat menjadi bahan kampanye, dengan membuat kampanye menonjolkan harga suku cadang yang lebih murah dan lebih mudah didapatkan. Ketidaknyamanan akan lama antri servis kendaraan juga bisa digunakan dengan memberikan penawaran antrian servis yang lebih cepat. Tentunya semuanya berdsarkan hal nyata dan bukan sekedar kata manis iklan, benar-benar harga suku cadang lebih murah dan mudah didapatkan. Servis kendaraan tidak perlu menunggu lama hingga berjam-jam benar diupayakan kepada konsumen.

Gunakan ketidaknyamanan konsumen atas produk atau bisnis kompetitor untuk menggaet pelanggan, tentunya dengan kebalikannya dengan memberikan kenyamanan atas produk atau bisnis kita. Jika di tempat kompetitor lama, panas, sedikit dan mahal contohnya, maka berikan penawaran kepada calon konsumen cepat, lebih dingin, lebih banyak dan lebih murah.

Selamat menemukan kekurangan kompetitor Anda.

 

 

 

 

 

 

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s