Dibunuh bukan dibina

Sedih baca postingan pagi ini di grup, seorang senior yang usahanya makanan bayi ditutup setelah sidak BPOM karena dianggap ilegal tidak memiliki izin dari BPOM. Beliau adalah orang yang bertanggung jawab dan menjunjung tinggi aturan, beliau tidak akan mengedarkan produknya jika tidak yakin aman dikonsumsi. Beliau bahkan merekrut ahli pangan berpengalaman dan telah melakukan uji lab pro untuk kandungan pangan, mikroba dan cemaran pangan di laborotorium TUV Nord, hasilnya produknya aman. Produknya juga telah mendapat sertifikasi halal dari LPPOM MUI.

Lalu apa yang terjadi dengan izin dari BPOM? Sebagai orang yang taat dan mengerti aturan beliau telah mengurusnya, untuk mendapatkan izin BPOM terlebih dahulu mesti mengurus Izin Usaha Industri dan setelah 5 bulan menunggu ternyata izin tersebut tidak kunjung keluar, padahal normalnya cuma 1 bulan. Hingga akhirnya terkena sidak sehingga dianggap ilegal dan tidak punya izin edar.

Inilah realita yang ada di negara ini, usaha kecil dibunuh bukannya dibina. Jargon kalau bisa dipersulit kenapa dibikin mudah masih benar adanya berlaku buat mereka. Merekanya siapa, anda jawab sendiri. Saat pengurusan izin tersebut beliau pernah ditawari seseorang dengan belasan juta bisa dengan cepat keluar izin-izin tersebut, tapi beliau menolak. Luar biasa bukan negeri calo ini.

Masalah perizinan ini masih jadi hambatan besar bagi pebisnis pemula terutama skala UKM, rata-rata mereka bukannya tidak mengerti mesti mengurus izin ini dan itu atau berniat melanggar aturan, tapi ribet dan waktunya yang super lama yang menjadi pertimbangan. Beberapa daerah mungkin sudah lebih baik dengan mempermudah pengurusannya, tapi masih banyak daerah yang sulit dalam pengurusan perizinan. Jika ada berita yang akan mempermudah perizinan untuk usaha, percayalah itu maksudnya untuk perusahaan besar.

Semoga kita diberi kesabaran dan kekuatan untuk melewati setiap cobaan.

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s