Dicari…teman ngeluh

Saya selalu risih kalau liat status yang dibuat orang di sosial media isinya mengeluh dan mengeluh, apa-apa dikeluhkan di sosmed. Sedikit-sedikit ngeluh, sedikit-dikit ngeluh, ngeluh kok cuma sedikitt 🙂

Gak sedikit yang menjadikan sosial media seperti buku harian tempat menyalurkan apa yang dirasakan dan dialami hari itu. Tapi buku harian kan sifatnya personal dan rahasia, mungkin cuma yang nulis yang tahu, lah kalau nulisnya di sosial media? “Kalau gak suka ya gak usah baca, tinggal hapus pertemanan atau block, akun-akunku masalah buat lu?” Mungkin begitu respon orangnya kalau kita singgung.

Tapi coba saya tanya, Anda lebih senang berteman dengan yang membuat anda tertawa dan membawa nilai kebaikan atau hal positif ataukah seseorang yang tiap jumpa selalu membuat anda sedih atau marah? Ada gak kira-kira orang yang ditanya “Kenapa kamu berteman dengan dia?” jawabannya “Karena dia itu sukanya marah-marah, cerita yang sedih-sedih dan selalu bikin aku tertekan dengarnya” Atau mungkin ada yang sengaja cari teman seperti itu?

Sekedar ingin meluapkan ekspresi? Menarik empati? Mengharap perhatian? Terbiasa menuliskan apapun yang sedang dirasakan? Memang kita jangan menilai postingan atau status seseorang adalah kebenaran tentang orang itu, istilah lamanya ‘Don’t judge the book from the cover’ , tapi wajar dong kan yang diliat postingan statusnya apalagi klo pertemanannya cuma di dunia maya saja.

Saat orang lain dapat membaca apa yang kau tuliskan maka kau mempersilahkan orang lain untuk menilai dirimu.

Saat ini ada perusahaan atau pihak yang bahkan memantau akun sosmed calon karyawan atau calon mitra mereka, mereka membuat penilaian dari postingan-postingan dan siapa saja pertemanannya. Jadi tentunya gak mau kan lamaran kerja ditolak karena postingannya isinya ngeluh-ngeluh terus. Apalagi gak disetujui calon mertua gara-gara itu.

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s