Tak seperti dulu lagi

Bahkan di sebuah kelompok yang kamu banggakan, kamu cintai karena suasana dan nilai-nilainya, suatu saat kamu akan menghadapi ketidakyamanan didalamnya. Ketidaknyamanan karena kamu merasa nilai-nilai kelompok tersebut, yang sesuai dan cocok dengan nilai-nilai yang kamu pegang tidak lagi dijalankan. Seseorang merasa nyaman bergabung dan berkontribusi dalam sebuah kelompok karena dia merasa ada kecocokan antara nilai-nilai pribadinya dengan nilai-nilai yang ada di kelompok tersebut, saat dia merasa cocok, dia akan relakan dirinya meramaikan dan ikut menggerakkan kelompok itu. Bahkan beberapa orang mengatakan rela pasang badan demi kelompok itu.

Sebuah kelompok tidak bisa dijalankan oleh orang-orang yang sama terus menerus, karenanya perlu penambahan, penyegaran dan pergantian. Bergantinya nakhoda maka berganti pula pola dan kebijakan kelompok tersebut biasanya, diiringi berubahnya gerbong tim. Lumrah karena tiap orang memiliki karakternya sendiri-sendiri dan itulah yang dibawa dan dilakukan nakhoda baru. Menjalankan kelompok sesuai karakternya dan mengajak orang-orang yang dianggap dapat mendukungnya.

Tanaman dapat tumbuh condong ke arah mana saja mengikuti arah sinar matahari, tapi akarnya akan tetap sama dan harus tetap menghujam bumi. Nakhoda kelompok boleh berganti, anggota tim juga bisa berganti, kebijakan pun menyesuaikan masanya, tapi nilai-nilai yang menjadi akar tak boleh abai dilupakan. Karena seperti akar, jika dia dilupakan maka tanaman tersebut akan goyah.

Hal yang muskil untuk cocok untuk setiap hal dan dengan setiap orang. Saat ketidakcocokan itu menjadi sebuah ketidaknyamanan, pilihannya adalah bertahan dengannya atau meninggalkannya. Bertahan melihat dan merasakan bahwa nilai-nilai itu tak lagi menjadi pertimbangan, sedangkan upaya mengingatkan tak mendapat tempat. Atau meninggalkan kenyamanan dalam kelompok tersebut, kelompok yang sekian lama sudah kamu anggap keluarga. Melepaskan sesuatu yang selama ini menjadi bagian dari diri kita.

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s