Terobos saja

Apa cuma terjadi di kota Samarinda ya, warganya gemar menerobos jalan yang ditutup? Sudah ditutup dengan kayu, diberi rambu, diberi tulisan keterangan, hingga dijaga masih saja mau diterobos. thumb_860639_12103416122014_motor-dilarang-masuk-jalan-protokol

Jalanan memang sarana vital transportasi, tapi adakalanya jalanan mesti ditutup misal karena perbaikan, ada kegiatan atau hal lainnya. Gak hanya di Samarinda saja mungkin juga di banyak daerah di Indonesia, jalanan terkadang dijadikan tempat menggelar resepsi perkawinan. Jika jalanan tersebut cukup lebar, yang dipakai separuhnya tapi jika itu jalanan kecil daerah pemukiman mungkin ditutup sementara acara berlangsung. Mengganggu? Jujur saja iya, tapi kita bisa toleransi lah toh tidak setiap hari dan mungkin suatu waktu keluarga kita yang melakukan seperti itu.

Karena memakai jalanan, maka biasanya jalanan ditutup sementara tidak bisa dilewati, diberi kayu sebagai penghalang, tulisan keterangan, hingga dijaga. Tapi entahlah mengapa, orang-orang seakan abai dengan itu dan masih mencari celah untuk menerobosnya. Tak melihat kayu yang dipakai buat menghalangi? Tulisan yang dipasang? Orang yang menjaganya? Entahlah apa yang ada dipikiran orang-orang macam itu. Memang tidak semua orang, ada juga yang begitu melihat langsung berbalik arah, tapi yang bikin kesel itu adalah sudah ada itu semua tetap nekat nerobos dan pakai ngeyel.

Lupakan tingkat pendidikan dan pekerjaan orang-orang itu, kelakuannya sama saja. Apa mungkin karena orang-orang Indonesia pada umumnya gigih mencari peluang? Gemar menerobos rintangan dan halangan yang menghadang? Atau berkaitan dengan rendahnya minat baca? Karena jelas-jelas sudah ditulis tanda peringatan dan dilihat masih bilang ga baca. Sudah ada kayu yang penghalang, tulisan tanda peringatan masih juga nanya ke yang jaga “Ga bisa lewat ya?” Mungkin tulisannya perlu ditulis pakai bahasa manusia supaya mereka ngerti.

Entahlah apa yang terjadi

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s